You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Duwet
Desa Duwet

Kec. Wates, Kab. Kediri, Provinsi Jawa Timur

Menu Layanan Mandiri untuk sementara belum bisa difungsikan karena proses migrasi data, info lebih lanjut hubungi admin —-Pemerintah Desa Duwet——

Bimtek Aplikasi Web Desa Hari Ke-2

Administrator 25 Mei 2022 Dibaca 34 Kali
Bimtek Aplikasi Web Desa Hari Ke-2

Hari Rabu, Tanggal 25 Mei 2022 bertempat di Balai Desa Pojok adalah hari ke-2 bagi para peserta dari 3 Kecamatan (Kecamatan Wates, Kecamatan Ngancar, dan Kecamatan Plosoklaten) di Kabupaten Kediri untuk mengikuti Bimtek Aplikasi Web Desa. Lanjutan dari Bimtek pada hari sebelumnya (klik tautan https://duwet.wates-kediri.id/artikel/2022/5/24/bimtek-web-aplikasi-desa). Pada hari ini sampai pada materi pemanfaatan menu Lapak Desa dan Layanan Mandiri yang dijelaskan lebih lanjut oleh Bapak Abdul Kadir.

 

Menu Lapak Desa bisa menjadi sebuah wadah untuk meningkatkan promosi dan penjualan bagi pelaku UMKM ataupun usaha lainnya yang ada di desa, melalui menu ini Pemerintah Desa dapat membantu warga untuk menjual produknya seperti pada market place pada umumnya, dan pemesanan melalui web dapat langsung masuk ke Whatsapp pemilik produk.

 

Untuk Menu Layanan Mandiri sendiri bisa dimanfaatkan bagi warga untuk pengajuan surat melalui online tanpa harus datang langsung ke kantor desa. Untuk pengambilan saja diperlukan kedatangannya. Tetapi untuk Layanan Mandiri ini masih menjadi polemik bagi Pemerintah Desa sendiri karena untuk migrasi datanya dan format surat-surat yang diperlukan harus ada konektivitas antara pihak penyedia layanan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Kediri serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kediri seperti yang dipaparkan oleh Bapak Kepala Desa Pojok, Darwanto. Peningkatan bimbingan aparatur pemerintah juga masih perlu ditingkatkan lagi.

 

“Penyediaan jaringan internet yang memadai serta cepat diperlukan untuk mendukung penggunaan aplikasi ini. Untuk sebagian besar Pemerintah Desa sendiri masih ada kendala disini,” tutur Bapak Darwanto. Beliau memaparkan kalau untuk mengatasi hal ini, beliau melakukan kerja sama dan uji coba penggunaan jaringan internet ICONNET yang disediakan oleh PLN yang digadang-gadang memiliki biaya paling murah se-Indonesia. Sebelumnya beliau rapat di Desa Duyung, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto dan telah melakukan survey di Desa Tumpakrejo, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang.

Tambahan materi dalam bimtek adalah pembuatan tanda tangan digital serta pembuatan aplikasi android berbasis alamat website.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image